MBH Logo kirimbh logo kanan

Sekilas Tentang MBH

Museum Benteng Heritage merupakan hasil restorasi sebuah bangunan berasitektur tradisional Tionghoa yang menurut perkiraan dibangun pada pertengahan abad 17 dan merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Tangerang. Bangunan ini terletak di Jalan Cilame No.20, Pasar Lama, Tangerang yang juga adalah Zero Point nya Kota Tangerang karena disinilah cikal bakal pusat Kota Tangerang, yang dulunya disebut kota Benteng terbentuk.

Tindakan restorasi ini berbekal pada kesadaran akan pentingnya melestarikan peninggalan sejarah dari setiap budaya dan tradisi yang ada di Bumi Persada Nusantara. Untuk itulah kami tergerak untuk turut berpartisipasi aktif melakukan penyelamatan situs-situs budaya yang masih tercecer agar tidak punah sama sekali dan me-ngakibatkan kita menjadi bangsa yang miskin dengan peradaban sehingga mengalami “amnesia sejarah”.

Di Museum ini Anda akan menemukan banyak hal-hal unik di balik sejarah kehidupan etnik Tionghoa serta berbagai artefak yang menjadi saksi bisu kehidupan masa lalu, mulai dari kedatangan armada Cheng Ho dengan rombongan yang terdiri dari sekitar 300 kapal jung besar dan kecil membawa hampir 30.000 pengikutnya. Sebagian dari rombongan ini yang dipimpin oleh Chen Ci Lung diyakini sebagai nenek moyang penduduk Tionghoa Tangerang (Cina Benteng) yang mendarat di Teluk Naga pada tahun 1407.

Selain menyaksikan hal-hal yang berhubungan dengan budaya Tionghoa beserta artefak-artefak yang berusia ratusan tahun , Anda dapat juga mendapatkan sebuah galeri yang berisikan berbagai macam kamera tua yang masih bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Bagi Anda yang senang dengan musik, Anda juga akan dicengangkan oleh berbagai koleksi alat pemutar lagu mulai dari yang paling kuno; Edisson phonograph buatan tahun 1890an sampai jamannya Retro. Anda akan belajar banyak tentang sejarah kamera dan musik di sini!

Dan masih banyak lagi kejutan-kejutan untuk anda yang senang sejarah! Museum ini sangat unik sesuai misi kami untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan penghargaan terhadap sejarah.

Nikmati Sensasi Kuliner di Museum kami!

Bagi Anda yang ingin menikmati santap siang/ malam dalam suasana dan hidangan kuliner babah/ peranakan Tionghoa Benteng yang sangat spesial dan halal, maka kami juga menawarkan paket-paket khusus:

  • Paket Ulang Tahun
  • Paket Sejit
  • Paket Reuni Keluarga/  Arisan
  • Paket Wisata Kuliner
  • Pemotretan/ Video PRE-WEDDING
  • Penyewaan Pakaian Tradisional
  • Lokasi Upacara Perkawinan Adat/ Ciotau/ Teh Pai
  • LUNCH MEETING Perusahaan
  • Seminar

Kapan lagi anda bisa menikmati suasana istimewa didalam sebuah bangunan bersejarah dengan interior yang unik dan luar biasa! Untuk info lebih lanjut hubungi kami.

TUR MUSEUM

Jadwal Tour akan diadakan mulai dari pukul 10.00 s/d 17.00. Tour di Museum Benteng Heritage adalah “guided tour” yang berlangsung sekitar 45 menit dengan jumlah setiap rombongannya dibatasi s/d 20 peserta.

Waktu Operasional
Hari Selasa – Minggu
Jam 10.00 – 17.00
Khusus hari Senin: Libur

MBH on the News!

Kompasiana: Menyusuri Jejak Cina Benteng dan Menjaga Spirit Leluhur
Malam PENGANUGRAHAN PURWAKALAGRHA-Museum Award 2014
National Geographic Indonesia: Kisah Sang Dewa Penjaga MBH
KOMPAS TRAVEL: Museum Benteng Heritage, The Pearl of Tangerang
Kick Andy: KE TANAH AIR KAMI KEMBALI
KOMPASIANA: Benteng Heritage, Museum Peranakan Tionghoa Pertama di Indonesia
Jakarta Post: MBH @ Jakartapost